Situs Batur Cakrakusuma

Situs Batur Cakrakusuma terletak di Dusun Batur, Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, di tengah tengah areal persawahan sebelah utara desa. Dinamakan Situs Batur Cakrakusuma, menurut ceritera masyarakat setempat situs tersebut merupakan tempat bersemayamnya / makam mbah Cakrakusuma yang diyakini sebagai seorang prajurit sakti mandraguna dari Kerajaan Pajang.

Situs tersebut sebenarnya merupakan punden berundak dengan tiga teras sebagai tempat pemujaan arwah nenek moyang pada masa prasejarah, dengan orientasi ke arah utara selatan mengagungkan gunung Slamet yang dianggapnya sebagai tempat persinggahan terahir bersemayamnya para arwah nenek moyang. Di sebalah timur situs tersebut terdapat aliran sungai yang pada masa prasejarah telah digunakan sebagai tempat bersuci sebelum menuju ketempat pemujaan arwah nenek moyang.

Peninggalan yang terdapat di lokasi situs tersebut dua buah menhir besar dan kecil yang berada pada teras pertama, yang besar berukuran tinggi 1 m, garis tengah 21 cm sedangkan menhir yang kecil berukuran tinggi 29 cm, garis tengah 16 cm, disanping itu terdapat juga dua buah batu lumpang kecil dengan ukuran masing-masing tinggi 20 cm, garis tengah 16 cm, tebal 5 cm, serta dua buah batu bulat besar dan kecil; yang besar berukuran tinggi 23 cm, garis tengah 22 cm, sedangkan yang kecil berukuran tinggi 11 cm, tinggi 10 cm. Pada teras kedua dan ke tiga terdapat tatanan batu yang bentuknya menyerupai bentuk pondasi, yang kesemuanya itu merupakan sarana pelengkap dalam ritual pemujaan kepada arwah nenek moyang. Luas situs secara keseluruhan panjang 21,7 m dan lebar 18 m

source: Banyumaskab.go.id