Situs Ngarca

Komplek Situs Ngarca kurang lebih 5 m x 10 m, terletak di Grumbul Ngaren, desa Dawuhan Wetan sebelah utara dari ibu kota Kecamatan Kedungbanteng kurang lebih 3 Km. Letak dan posisi situs Ngarca terletak di perkebunan desa yang dikelilingi oleh pohon pohon tanaman keras seperti pohon kelapa, albasia, rambutan, salak dsb.

Bentuk fisik situs ngarca adalah berbentuk Lingga dan Yoni yang terbuat dari batu . Yoni sebagai lambang Syiwa ( atau lambang laki-laki ) sedangkan Yoni sebagai lambang Durga (lambang perempuan) perpaduan antara lingga dan yoni adalah lambang kesuburan. 

Dilihat dari posisi dan keadaan lingkungan , Situs Ngarca dulunya adalah tempat untuk sesembahan kepada Sang Pencipta agar segala tanaman dan kehidupan yang ada di masyarakat saat itu memperoleh kesuburan. Komplek situs Ngarca dulunya luas dan merupakan sebuah pelataran untuk berkumpulnya orang banyak dan untuk tempat upacara keagamaan pada saat itu. ( ditulis kembali oleh Karsono. Ama.Pd Pamong Budaya Kepurbakalaan Dinbudpar Kab. Banyumas).

source: Banyumaskab.go.id