Jenang Asli Ketan

Jenang Asli Ketan

Jenang Jaket adalah salah satu oleh-oleh khas Purwokerto, Jawa Tengah. Terbuat dari ketan hitam, jenang ini punya banyak penggemar. Jenang Jaket memiliki variasi tersendiri dalam penyajiannya yang menjadikan berbeda dengan jenang lain yang ada. Dengan taburan wijen dan rasa gurih yang berpadu dengan manisnya jenang menjadikan jenang Jaket selalu menjadi pusat perhatian untuk menjadi buah tangan khas dari Purwokerto.

Nama Jenang Jaket sangat dikenal oleh masyarakat luas khususnya warga asli Banyumas. Adapun Jenang dengan penambahan nama Jaket adalah untuk mempertegas kalaujenang ini terbuat dari ketan. Produsen jenang ketan di Purwokerto bercerita kalau Jaket sejatinya adalah singkatan. Yakni ja untuk jenang dan ket untuk ketan.

Pembuatan jenang Jaket tak jauh berbeda dengan adonan jenang atau dodol pada umumnya. Santan kelapa dicampur gula dan wijen dimasak hingga mengental. Lalu sesudah masak, adonan diiris menjadi potongan kecil dan dibungkus plastik. Adapun ketan yang dipakai untuk jenang Jaket adalah ketan hitam. Jenang ini tak hanya digemari pasar domestik, tapi juga digemari oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.anyak diburu untuk kebutuhan seserahan pernikahan.