Kripik Tempe

Saudara mendoan yang cukup populer adalah kripik tempe, meski berbahan dasar yang sama yaitu dari kedelai yang diolah menjadi tempe, tapi dalam penyajiannya kripik tempe sangatlah berbeda baik dalam bentuk atapun rasa yang sangat bertolak belakang dengan mendoan.

Kripik tempe biasanya berdimensi kotak, tipis dan kering, sehingga saat dimakan bisa terasa renyah dan gurih dengan rasa bumbu yang khas. Kripik tempe juga memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan mendoan dan bisa disimpan sampai satu bulan sedangkan mendoan harus langsung santap karena daya tahan hanya satu hari.

Kripik tempe umumnya sering dijadikan sebagai buah tangan bagi para pelancong berkunjung ke Purwokerto ataupun Banyuamas dan sekitarnya. Di Purwokerto terdapat sentra pembuatan kripik yang telah dikenal oleh masyarakat luas yaitu di sawangan pasa sebelah barat alun-alun Purwokerto. Di daerah sawang ini banyak terdapat toko yang menjual kripik tempe dan pembelipun dapat melihat secara langsung proses pembuatannya. Selain di Sawangan, Oleh-oleh jenis inipun tersedia di berbagai toko / sentra oleh-oleh yang ada di Banyumas dengan cita rasa yang sama.