CURUG CEHENG

Lokasi Curug Ceheng adalah sekitar 20 kilometer timur laut kota Purwokerto, tepatnya di desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Untuk menuju kesana dapat menggunakan angkutan umum berupa angkutan pedesaan dari Sumbang dengan rute ke Limpakuwus. Lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil karena tersedia jalan aspal mulus sampai ke gerbang lokasi.

Kalau dari Purwokerto, bisa melaui jalan ke arah Baturraden, sampai di pertigaan Pabuaran belok kanan dan kemudian sampai Sumbang terus belok kiri ke arah Limpakuwus. Kalau dari Purbalingga bisa lewat Padamara sampai di Sumbang tinggal lurus ke utara. Untuk sampai ke areal air terjun, pengunjung harus berjalan sekitar 150 meter dari tempat parkir dan kemudian menuruni tebing dengan ketinggian 70 meter. Inilah enaknya lokasi air terjun ini, jika dibandingkan dengan air terjun di lokasi lain yang harus memaksa pengunjung berjalan sampai ratusan meter. Di area curu ceheng udah tersedia anak tangga yang berkelak kelok untuk memudahkan pengunjung berjalan. 

Di lokasi ini pengunjung dapat menikmati kesegaran air, baik untuk bermain air atau sekedar berbasah-basah. Kalau punya nyali, pengunjung dapat mandi di dekat lokasi kolam alami tempat air jatuh ke bawah, namun hal ini dapat memancing bahaya karena derasnya arus saat jatuh ke bawah. Di sana juga tidak selalu ada tim penolong untuk mengawasi pengunjung. Jadi yang aman mungkin dapat bermain di pinggir kolam alami atau malah di bagian sungai. Pada daerah aliran sungai ini cukup banyak batu-batu besar untuk duduk dan bermain air di sekitarnya.

blog comments powered by Disqus